Rabu, 23 Oktober 2019

Pengertian Bisnis Informatika beserta contohnya


TUGAS 1
A.    Pengertian Bisnis
Secara umum, Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok organisasi yang melakukan aktivitas penjualan, produksi, distribusi, pembelian, atau pertukaran barang maupun jasa. Dan kegiatan bisnis ini juga memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba.
Secara etimologi,“bisnis” merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang mana artinya kesibukan. Yang artinya adalah melakukan atau mengerjakan suatu aktivitas ataupun pekerjaan yang dapat memberikan atau menghasilkan keuntungan untuk seseorang.
Kata “bisnis” dapat digunakan tergantung dalam skupnya. Ada 3 cara penggunaan kata bisnis, yaitu :
·         Badan Usaha, yaitu kesatuan teknis, Yuridis, dan ekonomis untuk mendapatkan keuntungan.
·         Sektor Pasar Tertentu, misalnya seperti pasar Modal.
·         Seluruh aktivitas pada komunitas produsen atau penghasil barang ataupun jasa.
Selain penjelasan diatas mengenai pengertian bisnis secara umum, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian bisnis. Untuk lebih memahami apa itu bisnis, maka berikut ini ada beberapa pendapat ahli yang dapat Anda simak, antara lain :
1.    Brown dan Pretello
Menurut para ahli yang bernama Brown dan Pretello, mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan atau menciptakan suatu barang ataupun jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat dan semua hal yang mengenai berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta baik mereka mengejar keuntungan ataupun tidak

2.    Griffin dan Ebert (1996)
Menurut Griffin dan Ebert pengertian bisnis merupakan sebuah aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para konsumen atau masyarakat.

Kegiatan bisnis dapat dilakukan oleh sebuah organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, atau badan usaha, ataupun perorangan yang tidak memilki badan hukum atau badan usaha. Misalnya seperti, pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) ataupun usaha informal lainnya.
3.    Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, bisnis adalah sebuah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Suatu bisnis atau perusahaan dikatakan berhasil mendapatkan keuntungan atau laba jika total penerimaan pada satu periode lebih besar daripada total biaya yang dikeluarkan.
Mendapatkan laba atau keuntungan adalah daya tarik yang paling utama dalam menjalankan bisnis. Melalui laba yang mereka dapatkan, si pelaku bisnis dapat mengembangkan usahanya agar dapat mengahasilkan laba atau keuntungan yang lebih besar lagi.
4.    Allan Afuah (2004)
Menurut seorang ahli yang bernama Allan Afuah, beliau menyatakan bahwa bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu atau kelompok yang terorganisasi atau terstruktur untuk menghasilkan dan menjual barang ataupun jasa untuk mendapatkan keuntungan atau laba dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Biasanya orang yang menjalankan bisnis pasti mengusahakan uang dan waktunya terpakai dan mereka juga pasti menanggung resiko, mereka biasa disebut sebagai Entrepreneur.

B.    Pengertian TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Teknologi informasi dan Komunikasi adalah sebuah tempat yang mewadahi semua peralatan teknis yang digunakan dalam proses penyampaian informasi. Secara lebih terperinci, maka teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua bagian, diantaranya adalah teknologi informasi serta teknologi komunikasi.
Teknologi Informasi termasuk beragam hal yang memiliki hubungan dengan suatu proses, penggunaan alat bantu, memanipulasi hingga hasil dari mengelola informasi. Sedangkan teknologi komunikasi merupakan sesuatu yang berhubungan erat dengan cara menggunakan alat bantu guna melakukan prosedur transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lain.
v  Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Para Ahli
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang definisi dari TIK, maka di bawah ini adalah beberapa pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli:
1.    Susanto
Susanto menyatakan, bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan sarana atau media yang dipakai untuk kebutuhan transfer file, baik berupa informasi maupun data. Selain itu, juga menjadi sebuah alat komunikasi secara searah atau dua arah.
2.    Eric Deeson
Menurut Deeson, teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi suatu kebutuhan pokok manusia untuk proses mengambil, memindahkan, mengelola dan mendapatkan informasi dalam sebuah konteks yang akan memberikan keuntungan pribadi serta seluruh masyarakat.
3.    Puskur Dinas Indonesia
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan sebuah rangkaian struktur yang saling berkaitan antara satu sama lain. Dimana berisi tentang aktivitas proses, kelola, manipulasi, kelola dan transfer data maupun informasi dari suatu media ke media lainnya.
4.    Anatta Sannai
Anatta Sannai mendefinisikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai suatu alat, yang digunakan untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari orang lain.
5.    William and Sawyer
Teknologi komunikasi merupakan sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara. Jaringan ini bisa disebut sebagai internet.
          Sumber : https://jagad.id/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-fungsi-tujuan-dan-perkembangan/
C.    Pengertian Bisnis Informatika
Bisnis Informatika memiliki pengertian suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir - akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi karena bisnis informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Itulah pengertian dari bisnis infromatika setelah kita mengetahui apa itu bisnis infromatika hal yang perlu kita garis bawahi dari pengertian di atas adalah bahwa suatu kegiataan yang memiliki nilai dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan dilakukan dengan bantuan teknologi informatika memiliki kaitan dengan bisnis informatika, apapun bidangnya selama kita melakukan dengan bantuan teknologi itu termasuk ke dalam bisnis infromatika contohnya: segala kegiataan transaksi jual beli online saat ini. transaksi seperti ini sangat memudahkan para penjual ataupun pembeli tanpa ada batasan jarak dan waktu cukup dengan modal computer,tablet ataupun smartphone penjual dan pembeli dapat melakukan proses transaksi dimanapun dan kapanpun.
Transaksi seperti ini sangat erat kaitannya dengan bisnis informatika. Dalam hakikatnya peranan teknologi informatika banyak mencakup beberapa bidang salah satunya pada bidang bisnis. Pada bidang ini biasanya peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.
         

D.   Jenis Bisnis Informatika (Shopee.com)
1.    Shopee.com
Shopee merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang ada di indonesia, berada dibawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group) yaitu perusahaan Internet di Asia Tenggara. Dengan Menjalankan model bisnis C2C (customer to customer) mobile marketplace dan mall online yang diusung Shopee, memungkinkan kehadirannya dapat dengan mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk di Indonesia. Shopee akhirnya resmi diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 kemudian  diikuti oleh negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget, alat kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga, otomotif, vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, souvenir dan pesta, hingga voucher belanja

2.    Teknik Penjualan perangkat TIK (Shopee.com)
Dalam sistem pembayaran Shopee Indonesia menerapkan sistem layanan jual beli interaktif antara penjual dan pembeli melalui fitur live chat. Shopee menyediakan berbagai sistem pembayaran melalui transfer bank, Indomaret, Kredivo, hingga kartu kredit. Selain itu, tersedia juga dompet elektronik, Shopee Pay yang dapat menyimpan seluruh dana, baik dari penjualan atau pembelian.
Shopee Indonesia juga memiliki fitur “Koin Shopee”, yaitu koin virtual yang diperoleh dari hasil pembelian barang dengan promo tertentu dengan sistem cashback. Nantinya, “Koin Shopee” ini dapat ditukar dengan diskon saat pembelian barang berikutnya.
Untuk memastikan barang yang dikirim penjual Shopee sampai ke pembeli, Shopee Indonesia memberlakukan sistem Garansi Shopee sebagai jaminan uang akan kembali seratus persen apabila barang tidak sampai.
Selain itu shopee Indonesia  juga memiliki dukungan logistik yang berkerjasama dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T, GO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang.
          Sumber : https://www.Shopee.com/
3.    Kelebihan dan Kekurangan Bhinneka.com
a)   Kelebihan :
·         Memiliki tampilan yang konsisten dalam pengambilan warna  (orange)
·         Katalog nya bermacam mempermudah untuk pemilihan barang
·         Pengembalian dana seperti rekening Bersama.
·         Adanya fitur tawar harga.
·         Macam jenis barang dalam pemilihan barang tersedia.
·         Menghadirkan untuk aplikasi mobile nya (aplikasi Shopee)
·         Terjamin karena bisa melihat ulasan pembeli sebelumnya
·         Adanya fitur filter agar mempermudah mencari sesuai keinginan kita.
·         Fitur chat langsung ke penjual yang bersangkutan
·         Dapat mentracking pengiriman kurir
·         Promo yang ditawarkan dari cashback dan gratis ongkir yang lumayan banyak
b)   Kekurangan :
·         Walaupun ada garansi tetap masih customer service kurang pelayanannya
·         Rebutan jalur server ketika flash sale
E.    Perkembangan Bisnis Informatika
Di jaman era teknologi informasi setiap orang saat ini sangat bergantung kepada computer dan keberadaan komputer saat ini bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan, termasuk dalam dunia pendidikan.
Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk TIK. Melalui perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi, sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, pemerintah berusaha untuk membangun sarana dan fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi di Indonesia bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan interakasi ekonomi-sosial masyarakat dan sektor produksi. Instrumen yang digunakan selama ini adalah melalui badan usaha operator telekomunikasi yang melakukan usaha/bisnis layanan telekomunikasi melalui layanan fixed line, seluler, atau satelit. Didalam perkembangan bisnis di dunia IT sendiri terdapat jenis dan tipe bisnis Terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa.
Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :
1.    Produk
a)   Hardware / Perangkat Keras
b)   Software / Perangkat Lunak
2.    Jasa
a)   Aplikasi
b)   E-commerce
c)    Infrastruktur informasi dan komputer





         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar